Rabu, 04 Maret 2009

Siap Setiap Saat

Seringkali kita menyia-nyiakan kesempatan baik yang singgah dalam hidup kita semata-mata karena kita belum siap untuk memanfaatkan kesempatan tersebut. Entah itu kesempatan atas tawaran kerja yang lebih baik ataupun kesempatan untuk mengambil beasiswa untuk melanjutkan pendidikan. Dan alasannya selalu sama, saya belum siap. Kenapa belum siap, karena saya merasa belum bisa, saya merasa belum kompeten, saya merasa belum mampu melewati proses untuk menggapai kesempatan tersebut. Dari waktu ke waktu alasan itu selalu membayangi keputusan yang ingin saya ambil, selalu ada keragu-raguan untuk memanfaatkan kesempatan tersebut, padahal mencoba saja belum, tapi sudah menyerah duluan semata-mata karena merasa belum siap. Trus, kapan kita akan merasa siap? Kenapa tidak mempersiapkan diri? Sementara waktu terus bergulir menutup satu per satu kesempatan yang sudah ada di depan mata.

Menyesal dan menyesal....., itu yang seringkali saya rasakan setiap kali saya melewatkan suatu kesempatan baik, dan ternyata ada diantara temen dekat yang berhasil mendapatkan kesempatan tersebut. Selalu terbersit dalam hati, ternyata dia bisa, harusnya aku juga bisa. Dan sekali lagi semua karena keragu-raguan untuk mencoba suatu kesempatan baik, dan keragua-raguan itu selalu dilatarbelakangi oleh alasan ketidaksiapan.

Sekarang, tidak ada alasan untuk menunda sesuatu. Kita harus selalu mempersiapkan diri menjadi pribadi yang mampu dan kompeten dalam segala hal. Lebih spesifiknya segera tentukan tujuan, dan bergegaslah untuk menggapai tujuan yang ingin kita capai. Jangan buang-buang waktu dengan hal-hal yang tidak bermanfaat. Segera bekali diri kita dengan hal-hal yang mendukung pencapain tujuan kita, dan pada saat kesempatan itu datang lagi maka kita akan menyambutnya dengan gembira karena kita telah siap untuk meraihnya, dan syukur-syukur bisa mendapatkannya.

Semoga kesempatan itu datang kembali, dan aku bisa menggapainya, amien.

Tidak ada komentar: